Pengertian Hukum dan Penjelasan Tujuan dan Jenis Jenis Hukum Secara Lengkap

Pengertian Hukum dan Penjelasan Tujuan dan Jenis Jenis Hukum Secara Lengkap
Simbol Hukum

Artikel kali ini akan membahas “PENGERTIAN HUKUM” dan akan menjelaskan lebih dalam apa itu hukum, dan tujuan mengapa hukum itu diciptakan, maupun pengertian hukum menurut dari beberapa ahli.

Hukum adalah suatu sistem dimana sistem tersebut dibuat untuk dapat membatasi dan mengontrol sebuah tindakan dari manusia agar tidak melewati batas pada kekerasan maupun tindakan yang dapat berbau kriminal.

Adapun berbagai Pengertian Hukum menurut dari beberapa ahli, sebagai berikut :

Pengertian Hukum Menurut E. Utrecht

Hukum adalah Kumpulan dari sebuah petunjuk hidup yang terdapat aturan dalam tata tertib untuk  bermasyarakat dan juga memiliki suatu sifat untuk mengikat yang wajib ditaati oleh setiap masyarakat yang berkepentingan, jika dari mereka ada yang melanggar dari aturan tersebut maka akan dikenakan tindakan secara langsung dari pemerintah kepada yang bersangkutan.
(dalam sebuah buku Pengantar Hukum Indonesia karya Yulis Tiena Masriani diterbitkan oleh Sinar Grafika, Jakarta. tahun 2008, hal. 6)

Pengertian Hukum Menurut A. Ridwan Halim

Hukum adalah seluruh peraturan-peraturan baik yang berupa secara tertulis maupun yang tidak tertulis yang pada alurnya berlaku, diakui dan harus ditaati oleh masyarakat sebagai suatu peraturan yang wajib diaati dalam sebuah kehidupan masyarakat.
(dalam buku Pengantar Tata Hukum Indonesia karya Yulies Tiena Masriani diterbitkan oleh Sinar Grafika, Jakarta tahun 2004 halaman 6-7).


Pengertian Hukum Menurut Sunaryati Hartono

Hukum merupakan sebuah sistem yang tidak menyangkut suatu kehidupan pribadi dari seseorang, namun menyangkut dan menata berbagai macam aktivitas dari manusia dalam suatu hubungannya dengan yang lain, atau dalam pengertian lain adalah hukum hendak mengatur beragam kegiatan oleh manusia atau sebuah aktivitasnya dalam suatu kehidupan di masyarakat.

Pengertian Hukum Menurut Immanuel Kant

Hukum merupakan syarat dan aturan yang dengan ini kemauan bebas dari orang lain, mematuhi peraturan hukum tentang kemerdekaan.

Tujuan Hukum

Tujuan dari hukum sendiri yang mempunyai suatu sifat secara luas seperti ketenteraman, ketertiban, kesejahteraan , kedamaian, dan sebuah kebahagiaan dalam tata kehidupan bermasyarakat. Dengan adanya hukum dibuat maka dari setiap perkara yang dihadapi orang dapat di selesaikan melaui sebuah proses pengadilan dengan perantara hakim yang berdasarkan ketentuan dari hukum yang berlaku, Hukum juga bertujuan untuk melindungi dan mengawal agar setiap orang tidak bermain hakim sendiri.


Adapun pendapat dari ahli tentang tujuan hukum tersebut.

Tujuan Hukum Menurut Jeremy Bentham

Hukum sendiri bertujuan mencapai sebuah kemanfaatan, yang artinya hukum berguna untuk menjamin sebuah kebahagiaan bagi orang orang dan masyarakat.

Tujuan Hukum Menurut VAN Apeldorn

Menurutnya tujuan dari Hukum itu sendiri untuk mengatur sebuah pergaulan dari hidup masyarakat secara damai. Perdamaian dari manusia dapat dipertahankan dari hukum untuk melindungi kepentingan dari orang tersebut untuk menjaga kehormatan, harta benda, dari suatu pihak yang dapat merugikan orang tersebut. Ref

JENIS-JENIS HUKUM 

Pengertian Hukum dan Penjelasan Tujuan dan Jenis Jenis Hukum Secara Lengkap

Hukum terdiri atas berbagai macam jenis diantaranya sebagai berikut :

Hukum menurut Bentuknya

Dari Hukum Menurut bentuknya, dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. Hukum tertulis
Pengertian Hukum Tertulis adalah hukum yang dimasukkan dalam suatu macam peraturan perundangan. Hukum tertulis tersebut dapat berupa hukum tertulis yang dikodifikasikan dan hukum tertulis yang tidak dikodifikasikan.

2. Hukum tak tertulis
Pengertian Hukum tak tertulis ialah suatu hukum yang masih berlaku dalam sebuah kepercayaan masyarakat, tetapi sifatnya tidak tertulis.
Hukum ini juga biasa disebut hukum kebiasaan.
Hukum tidak tertulis ditaati bagaikan sebuah peraturan perundangan.

Hukum menurut Tempat Berlakunya

Dari Hukum Menurut tempat berlakunya, dapat dibedakan sebagai berikut :
1. Hukum nasional
Pengertian Hukum Nasional adalah Sebuah hukum yang aktif dalam suatu negara.

2  Sementara Hukum internasional adalah suatu hukum yang mengatur hubungan dalam bidang hukum di dunia internasional.

3  Hukum asing Pengerian Hukum Asing adalah Berlakunya sebuah hukum bukan dari Negara tersebut tapi berlaku untuk Negara lain.

4 Hukum lokal ialah suatu hukum yang hanya berlaku hanya ditempat yang tertentu saja.

Hukum menurut Sumbernya

Hukum menurut Sumbernya dapat diartikan sebagai berikut :
1. Sebuah Undang-undang ialah hukum yang telah tercantum dalam sebuah peraturan perundangan.
2. Hukum kebiasaan Pengertian Hukum kebiasaan adalah sebuah hukum yang terletak pada peraturan tentang kebiasaan.
3. Hukum traktat adalah Suatu hukum yang berlaku terhadap Negara Negara yang telah menjalin kesepakatan tertentu.
4. Hukum yurisprudensi Pengertian Hukum yurisprudensi adalah Suatu hukum yang dihasilkan dari sebuah keputusan dari hakim.

Hukum menurut Waktu Berlakunya

Hukum menurut Waktu Berlakunya dapat digolongkan beberapa jenis sebagai berikut :
1. Hukum positif (ius constitutum) ialah hukum yang  dapat berlaku sekarang bagi suatu masyarakat tertentu saja dalam sebuah daerah tertentu. Hukum positif (ius constitutum) disebut juga suatu tata hukum.
2. Ius constituendum adalah hukum yang diharapkan atau dicita-citakan untuk masa mendatang.
3. Hukum asasi adalah sebuah hukum yang sifatnya berlaku dimana saja di sebuah negara.
Hukum inipun sifatnya abadi tak mengenal waktu untuk berlakunya hukum tersebut.

Hukum menurut Isinya

Hukum menurut Isinya terbagi beberapa jenis sebagai berikut :
1. Hukum privat, Pengertian Hukum privat  adalah Suatu hukum yang berguna untuk menitikberatkan kepentingan perorangan yang telah mengatur antara orang yang satu dengan orang yang lain. Hukum privat juga biasa disebut hukum sipil. Contoh hukum privat: KUH Perdata dan KUH Dagang.
2. Hukum publik pengertian hukum publik adalah suatu hukum yang berguna untuk mengatur sebuah hubungan dari antar negara. Hukum ini juga mempunyai manfaat untuk melindungi dari kepentingan umum, dan hukum publik pun juga biasa disebut sebagai hukum Negara.

Hukum menurut Wujudnya

Dua macam dari Hukum menurut Wujudnya sebagai berikut :
1. Hukum objektif ini mempunyai sifat sebagai hukum yang berlaku untuk umum dan tidak hanya untuk orang tertentu saja.
2. Hukum Subjektif adalah hukum yang mempunyai sifat yang bertujuan untuk seseorang tertentu untuk menjadi hak orang tersebut. Contoh dari hukum subjektif ialah Kitab udang-undang dari hukum militer.

Hukum menurut Sifatnya

Hukum menurut Sifatnya ada berbagai jenis
1. Hukum yang memaksa ialah suatu hukum yang sifat nya mempunyai paksaan dengan yang bersangkuta dan itu mutlak walaupun bagaimana keadaanya. Contoh untuk dari hukum yang memaksa yaitu hukum pidana.
2. Hukum yang mengatur, beda dengan hukum memaksa untuk hukum yang mengatur sendiri mempunyai sifat hukum tesebut dapat disampingkan apabila dari suatu pihak yang bersengkatun itu membuat suatu peraturan sendiri dari sebuah perjanjiannya. Contoh dari hukum yang mengatur yaitu hukum dagang.

Hukum Menurut Cara Mempertahankannya, hukum ini dapat terbagi dua macam.

1. Hukum Material pengertian Hukum Material adalah hukum yang dibuat untuk mengatur sebuah kepentingan yang berwujud sebuah perintah ataupun larangan. Contoh hukum ini seperti hukum perdata, ataupun hukum dagang.

2. Hukum Formal Pengertian hukum formal ialah sebuah hukum yang mengandung peraturan yang dapat mengatur tata cara untuk mempertahankan dari hukum material tersebut atau dapat disebutkan hukum yang mengatur untuk cara pengajuan sebuah perkara hukum ke muka pengadilan dan cara untuk hakim membuat suatu putusan. Hukum ini juga disebut hukum acara, contoh dari hukum ini seperti hukum acara pidana, dan hukum dari acara perdata.


Itulah beberapa penjelasan dari pengertian hukum, maupun pengertian hukum dari para ahli, dan beberapa jenis hukum dari beberapa sumber yang telah dirangkum disini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

0 comments