Source : Cover Manajemen |
Pengertian Manajemen - Apakah anda sedang mencari pengertian dari manajemen
tersebut ? manajemen banyak kita dengar di kehidupan sehari – hari karena baik
dikehidupan pribadi maupun diperusahaan manajemen sangat diperlukan untuk
merencanakan dan mengatur segalanya, maka sebab dari itu perusahaan besar pasti
memiliki menajemen yang sehat dan baik.
Berikut ini kita akan membahas beberapa poin tentang
pengertian manajemen itu sendiri baik secara umum maupun dari beberapa ahli :
Dasar – dasar Pengertian Manajemen secara umum :
Mari kita kupas lebih dalam tentang pengertian dari
manajemen itu, Kata Manajemen pertaman itu berasal dari bahasa Perancis yang
kuno yaitu ménagement, yang disebut
atau memiliki arti "seni mengatur dan melaksanakan." Kata manajemen pun
itu banyak yang beranggapan berasal juga dari bahasa Italia pada tahun (1561) biasa
disebut waktu itu maneggiare yang mempunyai
arti "mengendalikan," contoh
utama dalam sebuah konteks mengendalikan kuda, yang juga berasal dari sebuah bahasa
latin manus yang mempunyai arti
"tangan".
Dan dari bahasa
Prancis lalu dikenal kata ini dari
bahasa Inggris menjadi arti ménagement, yang mempunyai arti seni atau
mengatur dan melaksanakan.
Jadi dapat diartikan secara umum Pengertian manajemen adalah
Rangkaian sebuah proses yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah tujuan dari suatu
organisasi dengan cara bekerja dalam sebuah kelompok untuk mendapatkan sebuah
hasil yang telah di rencanakan.
Adapun beberapa statemen pengertian dari para ahli, sebagai berikut :
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :
Pengertian Manajemen Menurut dari Ricky W. Griffin yang mendefinisikan manajemen itu sebagai salah
satu proses sebuah perencanaan,
pengkoordinasian , atau pengorganisasian, dan pengontrolan dari sumber daya untuk
mencapai rencana secara efektif dan lebih efesien.
Hasil Efektif dapat diartikan bahwa tujuan yang direncanakan
dapat dicapai sesuai dengan perencanaan
sebelumnya, sementara dari efisien mempunyai arti bahwa proses yang dikerjakan
mendapatkan hasil yang telah diharapkan.
- Pengertian Manajemen Mary Parker Follet berpendapat, pengertia manajemen adalah sebagai sebuah seni yang menyelesaikan sebuah pekerjaan melalui orang lain atau sebuah team. Definisi ini juga berarti bahwa salah seorang manajer mempunyai tugas untuk mengatur dan memberikan arahan kepada orang lain agar mencapai tujuan dari organisasi.
- Pengertian Manajemen Ahli Stoner berpendapat bahwa “Manajemen ialah merupakan sebuah proses dalam membuat sebuah perencanaan, pengorganisisasian, atau pengendalian serta dapat memimpin berbagai macam usaha dari bawahan organisasi serta juga dapat mempergunakan beberapa sumber daya yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut”
- Pengertian Manajemen Menurut Ahli George R. Terry “Pengertian Manajemen adalah Sebuah wadah didalam sebuah ilmu pengetahuan, sehingga manajemen sampai dapat dibuktikan secara umum tentang kebenarannya.”
Itulah pendapat dari beberapa ahli tentang Pengertian
Manajemen tersebut, pembahasan selanjutnya yaitu fungsi utama dari manajemen
itu sendiri.
Manajemen sendiri terbagai atas fungsi utamanya, berikut beberapa
fungsi utama dari manajemen :
Fungsi Manajemen pertama Planning (Perencanaan)
Dalam Proses Perencanaan ini dilakukan untuk menentukan
tujuan dari organisasi/perusahaan tersebut untuk bentuk sebuah visi dan misi kedepannya.
Dan tugas lain dari perencanaan yaitu merencanakan strategi yang akan digunakan
perusahaan untuk mencapai sebuah hasil yang diinginkan kedepannya.
Fungsi Manajemen Kedua Organizing
(Mengorganisasi)
Fungsi ini bertujuan untuk mengorganisasi orang-orang yang ada dalam organisasi atau perusahaan.
Agar sumber daya manusia pada perusahaan menjalankan perannya dengan sesuai
tugas yang diberikan.
Fungsi Manajemen ketiga
Coordinating (Mengkoordinasi)
Fungsi Coordinating adalah sebagai fungsi untuk meningkatkan
efektifitas kinerja SDM. Fungsi dari Coordinating sendiri dipegang oleh
manajer, jadi manajer memiliki peran dalam mengkoordinasi bawahaannya untuk tetep
konsisten dalam mengerjakan tugas pada perannya masing – masing.
Fungsi Manajemen keempat Controlling (Mengontrol)
Fungsi controlling adalah fungsi terakhir dari manajemen, peran
dari fugsi ini sangat vital karena setelah fungsi telah dijalankan sesuai
dengan tujuan masing – masing, dilakukan evaluasi dari kinerjanya untuk
memperbaiki apa yang kurang dari peran fungsi sebelumnya untuk terciptanya
tujuan yang di inginkan dari rencana sebelumnya.
0 comments