Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli Beserta Fungsi Manajemen

Pengertian Manajemen
Source : Cover Manajemen
Pengertian Manajemen - Apakah anda sedang mencari pengertian dari manajemen tersebut ? manajemen banyak kita dengar di kehidupan sehari – hari karena baik dikehidupan pribadi maupun diperusahaan manajemen sangat diperlukan untuk merencanakan dan mengatur segalanya, maka sebab dari itu perusahaan besar pasti memiliki menajemen yang sehat dan baik.

Berikut ini kita akan membahas beberapa poin tentang pengertian manajemen itu sendiri baik secara umum maupun dari beberapa ahli :

Dasar – dasar Pengertian Manajemen  secara umum :

Mari kita kupas lebih dalam tentang pengertian dari manajemen itu, Kata Manajemen pertaman itu berasal dari bahasa Perancis yang kuno yaitu ménagement, yang disebut atau memiliki arti "seni mengatur dan melaksanakan." Kata manajemen pun itu banyak yang beranggapan berasal juga dari bahasa Italia pada tahun (1561) biasa disebut waktu itu maneggiare yang mempunyai arti "mengendalikan," contoh utama dalam sebuah konteks mengendalikan kuda, yang juga berasal dari sebuah bahasa latin manus yang mempunyai arti "tangan". 

Dan dari bahasa Prancis lalu dikenal  kata ini dari bahasa Inggris menjadi arti ménagement, yang mempunyai arti seni atau mengatur  dan melaksanakan.

Jadi dapat diartikan secara umum Pengertian manajemen adalah Rangkaian sebuah proses yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah tujuan dari suatu organisasi dengan cara bekerja dalam sebuah kelompok untuk mendapatkan sebuah hasil yang telah di rencanakan.

Adapun beberapa statemen pengertian dari para ahli, sebagai berikut :

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :

Pengertian Manajemen Menurut dari Ricky W. Griffin yang mendefinisikan manajemen itu sebagai salah satu proses sebuah perencanaan,  pengkoordinasian , atau pengorganisasian,  dan pengontrolan dari sumber daya untuk mencapai rencana secara efektif dan lebih efesien.

Hasil Efektif dapat diartikan bahwa tujuan yang direncanakan dapat dicapai sesuai dengan  perencanaan sebelumnya, sementara dari efisien mempunyai arti bahwa proses yang dikerjakan mendapatkan hasil yang telah diharapkan.

  • Pengertian Manajemen Mary Parker Follet berpendapat, pengertia manajemen adalah sebagai  sebuah seni yang menyelesaikan sebuah pekerjaan melalui orang lain atau sebuah team. Definisi ini juga berarti bahwa salah seorang manajer mempunyai tugas untuk mengatur dan memberikan arahan kepada orang lain agar mencapai tujuan dari organisasi.

  • Pengertian Manajemen  Ahli Stoner berpendapat bahwa “Manajemen ialah merupakan sebuah proses dalam membuat sebuah perencanaan, pengorganisisasian, atau pengendalian serta dapat memimpin berbagai macam usaha dari bawahan organisasi serta juga dapat mempergunakan beberapa sumber daya yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut”

  • Pengertian Manajemen Menurut Ahli George R. Terry “Pengertian Manajemen adalah Sebuah wadah didalam sebuah ilmu pengetahuan, sehingga manajemen sampai dapat dibuktikan secara umum tentang kebenarannya.”

Itulah pendapat dari beberapa ahli tentang Pengertian Manajemen tersebut, pembahasan selanjutnya yaitu fungsi utama dari manajemen itu sendiri.

Manajemen sendiri terbagai atas fungsi utamanya, berikut beberapa fungsi utama dari manajemen :

Fungsi Manajemen pertama Planning (Perencanaan)
Dalam Proses Perencanaan ini dilakukan untuk menentukan tujuan dari organisasi/perusahaan tersebut untuk bentuk sebuah visi dan misi kedepannya. Dan tugas lain dari perencanaan yaitu merencanakan strategi yang akan digunakan perusahaan untuk mencapai sebuah hasil yang diinginkan kedepannya.

Fungsi Manajemen Kedua Organizing (Mengorganisasi)
Fungsi ini bertujuan untuk mengorganisasi  orang-orang yang ada dalam organisasi atau perusahaan. Agar sumber daya manusia pada perusahaan menjalankan perannya dengan sesuai tugas yang diberikan.

Fungsi Manajemen  ketiga Coordinating (Mengkoordinasi)
Fungsi Coordinating adalah sebagai fungsi untuk meningkatkan efektifitas kinerja SDM. Fungsi dari Coordinating sendiri dipegang oleh manajer, jadi manajer memiliki peran dalam mengkoordinasi bawahaannya untuk tetep konsisten dalam mengerjakan tugas pada perannya masing – masing.

Fungsi Manajemen keempat Controlling (Mengontrol)
Fungsi controlling adalah fungsi terakhir dari manajemen, peran dari fugsi ini sangat vital karena setelah fungsi telah dijalankan sesuai dengan tujuan masing – masing, dilakukan evaluasi dari kinerjanya untuk memperbaiki apa yang kurang dari peran fungsi sebelumnya untuk terciptanya tujuan yang di inginkan dari rencana sebelumnya.

0 comments