Pengertian Dari Manajemen Usaha dan Beberapa Penjelasannya


pengertian manajemen kewirausahaan


Pengertian Manajemen Usaha - Kali ini pondok pengertian akan menjelaskan secara detail mengenai pengertian dari manajemen usaha ? kata MANAJEMEN mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita apa lagi kata USAHA. Singkat saja untuk penjelasan lebih jauh untuk mempersingkat mari kita masuk kedalam penjelasan dari topik Pengertian Manajemen Usaha.

"Pengertian Manajemen"

Pertama dari Kata Manajemen sendiri yaitu berasal dari bahasa inggris yang berarti MANAGE, atau arti dalam bahasa indonesianya  dapat diartikan adalah Mengatur atau Mengelola.

Pengertian Umum dari Manajemen adalah sebuah seni yang mengarahkan orang lain agar mencapai suatu tujuan utama dalam sebuah organisasi melalui sebuah proses perencanaan (Planning), mengelola (Controlling), pengorganisasian (Organizing) sebuah sumber daya manusia dengan suatu cara efektif dan efisien.

Adapun pengertian manajemen itu dari beberapa ahli sebagai berikut :


  • Mary Parker Follet Manajemen adalah Sebuah seni, jadi setiap  pekerjaan agar bisa tergarap dengan orang lain. Definisi ini juga berarti bahwa seorang manajer yang bertugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain untuk dapat mencapai suatu tujuan organisasi.
  • James A.F Stoner Manajemen adalah suatu proses dalam menggarap suatu perancangan, atau sebuah pengorganisisasian, dan pengendalian untuk memimpin beragam usaha dari anggota suatu organisasi dan juga ,mengaplikasikan semua sumber daya yang dia miliki untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Eiji Ogawa Pengertian Manajemen menurut ahli adalah perencanaan, atau pengimplementasian, dan pengendalian dari segala kegiatan yang dikerjakan oleh semua perusahaan atau organisasi dengan cara menetapkan segala sasaran yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi tersebut atau (fleksibel).
  • Pengertian Manajemen sendir Menurut ahli Manullang Manajemen adalah sebuah seni dan suatu ilmu dari pencatatan, pengawasan, pengarahan, maupun penyusunan, tentang sebuah sumber daya dari manusia agar mencapai sebuah tujuan yang telah ditarget.
  • Meurut dari ahli Wilson Bangun sendiri Manajemen ialah sebaris dari majemuk aktivitas atau sebuah kegiatan yang dikerjakan oleh tiap anggota tersebut. dari organisasi untuk dapat meraih tujuan organisasi tersebut.
  • Hilman Pengertian Manajemen adalah fungsi untuk mendapatkan suatu tujuan dengan melalui perantara dari kegiatan orang lain dan serta mengawasi usaha-usaha dari setiap individu agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan secara bersama.
  • Pengertian dari Chaster Bernard Manajemen ialah sains atau ilmu pengetahuan yang mempunyai ide-ide dengan lima fungsi utama, yaitu mendesain, mengorganisir, mengoordinasi, mengatur, dan mengatur.
  • Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A Manajemen yaitu ilmu perilaku yang terdiri dari beberapa aspek sosial eksak dan bukan dari tanggung jawab atau keselamatan serta kesehatan untuk kerja baik dari sisi perencanaannya sendiri.

Pengetian “USAHA”

Setelah menjelaskan pengertian dari manajamen secara umum maupun menurut para ahli, pondok pengertian akan menjelaskan pengertian dari usaha, apa itu usaha ?

Usaha adalah merupakan sebuah aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika diartikan secara rinci, istilah dari usaha itu sendiri dapat diartikan ke dalam banyak makna dan sangat bergantung dari di mana sebuah istilah usaha itu digunakannya. Di bidang bisnis contohnya, usaha biasanya identik dengan suatu aktivitas bisnis.

Jadi jika disimpulkan Antara pengertian Manajamen dan Usaha atau Pengertian Manajemen Usaha adalah Sebuah kegiatan yang dilakukan untuk tujuan mengontrol ataupun mengelolah usaha untuk sebuah tujuan yang telah direncanakan dari awal.

Adapun fungsi dari manajemen usaha tersebut yaitu :

1.       Untuk merencanakan Atau Planning
2.       Untuk Memimpin Usaha Tersebut
3.       Untuk Mengawas
4.       Dan Terakhir untuk menyusun.

Sekian informasi mengenai pengertian dari manajemen usaha semoga informasinya dapat bermafaat, terima kasih.

0 comments