Pengertian Atom dan Beberapa Penjelasan Sifat dan Sejarah Atom

Pengertian Atom dan Beberapa Penjelasan Sifat dan Sejarah Atom
Gambar : Molekul Atom

Kali ini mari kita membahas tentang sebuah Pengertian Atom kata atom berasal dari sebuah bahasa yunani atomos yang mempunyai arti seuatu yang tidak dapat dipotong. Sesuai dari pengertian itu, Atom adalah sebuah partikel penyusun dari semua benda yang mempunyai ukuran yang sangat kecil. Di dalam atom tersebut juga terdapat sebuah sub-atom, yaitu sebuah partikel penyusun atom yang mempunyai ukuran yang lebih kecil. Agak sulit untuk membayang ukuran tersebut seberapa kecil atom ini,

Dari setiap atom tersebut memiliki beberapa bagian inti, yang terdiri dari sebuah neutron dan  proton, maupun elektron yang mempunyai gerakan cepat di pada bagian sekitar inti. Elektron-elektron itu juga terdapat pada sebuah tingkatan energi yang berbeda-beda, yang dapat disebut kulit, pada bagian kulit sendiri memiliki sebuah jumlah batas untuk electron tersebut, dan apabila sebuah elektron pada kulit pertama sudah memenuhi batas yang ditentukan, maka sebuah elektron tersebut akan memenuhi pada kulit kedua dan begitupun seterusnya.

Adapun Pengertian Atom menurut dari beberapa ahli sebagai berikut :

Ernest Rutherford mengemukakan bahwa atom adalah merupakan sebuah partikel yang terdiri dari proton dan neutron serta telah dikelilingi oleh electron tersebut.

John Dalton, mengatakan bahwa atom merupakan sebuah partikel dengan ukuran terkecil daripada sebuah suatu zat yang tidak bisa diuraikan lagi untuk menjadi sebuah partikel yang lebih kecil melalui sebuah reaksi kimia biasa.

Leucipus dan Democritus berpendapat bahwa sebuah atom adalah bagain yang terkecil dari sebuah materi yang telah tidak bisa dibagi lagi menjadi sebuah bagian tertentu. Dari atom sendiri merupakan penyusun dari segala materi yang berada di dunia ini.

Sejarah Atom

Sejarah tentang awal penemuan atom dimulai pada waktu ketika John Dalton seorang yang mengggas dari teori tentang atom tersebut pada tahun 1803. Kemudian, dilakukan beberapa penelitian untuk mendukung teori atom yang telah dikemukakan oleh John Dalton tersebut, adapun yang menemukan teori pemecahan molekul yaitu Michael Faraday dengan menggunakan sebuah elektrolisis pada waktu tahun 1832, dan dilanjutkan penemuan tabung katoda pada tahun 1839 oleh J.Plucker.

Setelah itu diikuti penemuan oleh Dmitri Mendelev tentang teori hukum periodic pada tahun 1869, dan dilanjutkan John C.Maxwell yang melakukan penelitian tentang listrik dan medan listrik  pada tahun 1873. Kemudian Sir Willian Crookes yang melalui penelitian eksperimentalnya  menemukan bahwa sebuah electron mempunyai massa tertentu melalui percobaan penembakan pada sinar katoda.pada tahun 1870 silam.

Terus adapun penelitian dari seorang ilmuwan E.Goldstein yang telah menemukan sebuah proton yang bermuatan positif. Dan dilanjutkan  penemuan partikel penyusun sebuah atom yang mempunyai muatan negative yaitu electron oleh G.J Stoney. Dan dilanjutkan penelitian oleh Wilhelm Roentgen yang telah menemukan sebuah X-Ray.

Rutherford kemudian membuat sebuah hipotesis yang berdasarkan sebuah penelitian darinya yang menyimpulkan  bahwa terdapat sebuah inti dari atom selain proton yang juga dapat menjaga keseimbangan dari atom itu sendiri. pada tahun 1932 Hipotesis Rutherford inidibuktikan oleh James Chadwik yang menemukan sebuah partikel atom yang bermuatan netral dan disebut dengan nama neutron dan telah menjadi bagian dari pengertian atom sendiri.

Sifat-Sifat Atom

Sifat Nuklir
Sifat dari nuklir atau (radioaktif) hanya dipunyai oleh beberapa unsur-unsur dari atom yang mempunyai nomor atom sekitar lebih dari 82. Dari sekitar 339 nuklir dan yang telah ditemukan secara alami di bumi ini, sebanyak 269 diantaranya saat ini belum dapat terpantau secara menyeluruh. Pada unsur dari kimia, 80 dari sebuah unsur yang telah diketahui memiliki satu atau lebih isotope stabil.

Nomor Atom
Atom-atom dalam sebuah zat yang berbeda memiliki sebuah jumlah proton yang tidak sama dalam sebuah intinya. Jumlah proton dalam inti ini disebut juga sebagai nomor atom.

Gaya Atom
Gaya atom juga menjaga elektron yang mempunyai muatan negatif agar dapat berada pada orbit di sekeliling inti yang bermuatan  positif. Terdapat sebuah gaya dari tarik inti yang merupakan sebuah gaya sangat kuat yang dapat menjaga neutron dan proton tetap berada pada dalam inti sebuah atom tersebut. Gaya inti ini pun mempunyai kekuatan seratus kali lebih kuat daripada gaya elektromagnetik lainya.

Massa Atom
Jumlah keseluruhan dari sebuah partikel pada dasar dalam sebuah atom disebut dengan istilah nomor massa. Massa atom tersebut juga dalam keadaan diam dan dinilai dengan menggunakan sebuah satuan Dalton. Massa atom mempunyai  unsur yang berbeda dan memiliki massa yang sangat bervariasi. Massa tersebut juga tergantung dari beberapa jumlah proton dan neutron dalam sebuah intinya. Semakin besar dari massa atom, maka semakin kecil pula atom tersebut.


Demikian sebuah penjelasan dari “Pengertian Atom” semoga bermanfaat.

0 comments