Pengertian Seni Secara Umum dan Pengertian Seni Menurut Para Ahli (Jenis dan Fungsi Seni)

Pengertian Seni Secara Umum dan Pengertian Seni Menurut Para Ahli (Jenis dan Fungsi Seni)
Gambar : Tulisan Seni

Pengertian Seni - Seni adalah sebuah ide, persasaan, gagasan, gejolak jiwa, yang dapat diwujudkan atau di expresikan, melalui dari sebuah unsur unsur tertentu, yang mempunya sifat yang indah untuk dapat memenuhi sebuah kebutuhan manusia walaupun sangat banyak juga karya seni yang telah digunakan untuk binatang. Seni yang indah menurut ukuran yang menikmati.

Seni merupakan sebuah sinonim dari sebuah ilmu, karna seni pada awal mulanya adalah sebuah proses dari orang.

Adapun Pengertian Seni yang di kemukakan dari beberapa ahli sebagai berikut :
  • Pengertian Seni menurut Aristoteles: Seni adalah sebuah bentuk yang dapat pengungkapan dan menampilkan. Dan tidak pernah menyimpang dari sebuah kenyataan dan seni itu adalah yang meniru alam.
  • Pengertian Seni menurut Schopenhauer seni merupakan segala sesuatu usaha untuk dapat menciptakan bentuk-bentuk yang dapat menyenangkan. Menurut dari tiap orang senang dengan suatu seni musik meskipun dari seni musik adalah sebuah seni yang sangat abstrak
  • Pengertian Seni menurut William A. Haviland Kesenian adalah sebuah keseluruhan dari sistem yang dapat melibatkan sebuah proses penggunaan imajinasi dari manusia dengan cara kreatif dari dalam sebuah kelompok masyarakat atau organisasi dengan suatu kebudayaan tertentu.
  • Pengertian Seni menurut  James Murko: Seni merupakan sebuah penjelasan rasa indah dari seseorang yang terkandung dalam jiwa dari setiap manusia, dan dilahirkan dengan perantaraan sebuah alat komunikasi ke dalam sebuah bentuk yang dapat dimengerti oleh indra penglihatan (seni lukis), pendengar (seni suara), atau dilahirkan dari perantaraan gerak (seni tari, drama)
  • Pengertian Seni dari  Eric Ariyanto: Menurutnya  Seni adalah merupakan suatu kegiatan batin atau suatu aktivitas rohani yang dapat dihasilkan menjadi sebuah hasil karya yang mampu membangkitkan sebuah perasaan dari orang lain yang menyaksikan atau mendengar sebuah pertunjukan tersebut. 

Seni juga terdiri dari beberapa jenis diantaranya :

Seni Rupa

Seni rupa sebuah seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan sesuatu kegunaannya atau biasa disebut seni bebas (Free Arat).

Seni Tari/gerak

Seni tari atau seni gerak adalah merupakan hasil dari ciptaan manusia yang menggunakan gerak dari tubuh sebagai suatu keindahan untuk dipandang. Gerak dalam tari tersebut berfungsi sebagai sebuah media mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreogragfer.

Seni Suara/Vocal/Musik

Seni suara atau musik merupakan Unsur bunyi merupakan unsur yang utama dari sebuah seni musik. Sedangkan unsur yang lainnya adalah sebuah bentuk melodi, harmoni, dan notasi musik merupakan sebuah wujud dari sarana yang telah diajarkan. 

Seni Sastra

Seni sastra adalah sebuah seni dari hasil daya sebuah kreasi manusia yang dapat dinikmat dari segi visual dan dari sebuah makna yang dihasilkan. Seni sastra tersebut juga dapat menggambarkan sebuah keindahan dalam sebuah bentuk dari kata-kata, baik itu yang ditulis maupun yang telah disuarakan. Contoh kecil dari seni sastra adalah puisi, tulisan, dan kaligrafi.

SeniTeater/drama

Seni teater pada dasarnya merupakan cakupan dari kemampuan memahami dan berkarya suatu teater, dari kemampuan memahami dan membuat sebuah naskah, kemampuan untuk memahami berperan di sebuah bidang casting, kemampuan untuk memahami dan membuat sebuah setting atau tata teknik sebuah pentas panggung dan dicipta suasanya sebagai sebuah perangkat tambahan dalam membidangi suatu seni teater.

Fungsi Seni :

Fungsi seni juga terbagi menjadi dua macam yaitu 

Fungsi Individu

Fungsi individu adalah sebuah fungsi seni yang dapat memberi sebuah manfaat untuk sebuah kebutuhan pribadi. 

Fungsi Sosial

Fungsi sosial adalah merupakan sebuah fungsi seni yang berguna sebagai konsumsi dari kebutuhan sosial suatu individu tersebut.

0 comments