Penjelasan Internet Secara Menyeluruh (Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Dan Fungsi Dari Internet)

Penjelasan Internet Secara Menyeluruh (Pengertian, Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Dan Fungsi Dari Internet)

Pengertian Internet - Interconnection network atau sering disebut internet adalah sebuah sistem global dari beberapa jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Internet inipun berasal dari sebuah bahasa latin "inter" yang mempunyai arti "antara". Internet merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang berada di seluruh dunia. Sebuah internet melibatkan berbagai beberapa jenis komputer serta sebuah topology jaringan yang saling berbeda. 

Dalam mengatur sebuah integrasi dan komunikasi sebuah jaringan, digunakan sebuah standar protokol internet yang biasa disebut TCP/IP. TCP mempunyai tugas untuk dapat memastikan bahwa semua hubungan internet dapat bekerja dan berjalan dengan sesuai yang diharapkan, sedangkan IP atau (Internet Protocol) mempunyai peran untuk mentransmisikan sebuah paket data dari satu komputer kepada komputer lainya untuk saling terhubung.

Adapunn pengertian internet menurut beberapa para ahli sebagai berikut :


  • Drew Heywood (1996) mendefinisikan : sejarah dari Internet itu berawal pada waktu akhir dekade 60-an pada saat United States Department of Defense (DoD) yang memerlukan sebuah standar baru untuk sebuah saat komunikasi Internet working.Yang dimana sebuah standar yang dapat  membuat terhubung sebuah jenis komputer di DoD tersebut dengan sebuah komputer dari milik kontraktor militer tersebut, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan inipun harus tahan dan aman dari kerusakan sehingga dapat beroperasi didalam sebuah kondisi bencana ataupun perang sekaligus.

  • Menurut Allan (2005, p12) internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Dan Protokol tersebut adalah sebuah spesifikasi sederhana yang mengenai bagaimana sebuah komputer dapat saling bertukar informasi.

  • Pengertian Internet Menurut Ahli, Oetomo (2002) yang menyebutkan bahwa sebuah internet merupakan singkatan dari international network, yang mengartikan sebagai salah satu  jaringan komputer yang berukuran besar, dimana jaringan komputer itu yang terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung antara satu dan sama lain. Lebih lanjut yang dijelaskan, bahwa jaringan komputer tersebut yang ukurannya sangat besar ini dapat mencakup jaringan hingga seluruh dunia.

Penjelasan sejarah internet pada awal diciptakan sebagai berikut :


Sejarah Internet

Sejarah internet tersebut pada awalnya berasal dari sebuah proyek ARPA yang terbentuk pada tahun 1969 oleh sebuah Departemen Pertahanan di Amerika Serikat. Proyek inipun kemudian dikenal dengan sebuah nama ARPANET atau (Advanced Research Project Agency Network) yang melakukan sebuah riset tentang bagaiman cara menghubungkan sebuah komputer dengan beberapa komputer lainnya bertujuan agar bisa saling berkomunikasi pada saat itu. Dan pada tahun 1970, proyek berjalan sesuai rencana dan berhasil menghubungkan hamper lebih dari sepuluh komputer dalam bentuk jaringan tersebut, dan setelah proyek tersebut berhasil, beberapa tahun kemudian, hasil dari riset proyek ini telah dikembangkan di sampai luar Amerika. Karena makin berkembangnya proyek ini jumlah dari komputer yang terhubungpun  semakin banyak, maka pada awal tahun 1980 dibuatlah sebuah protokol yang resmi yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) .
Adapun Fasilitas yang didapatkan dari internet tersebut sebagai berikut :

  • FTP.  Atau File Transfer Protocol (FTP) merupakan sebuah layanan internet yang bertujuan untuk melakukan sebuah transfer file pada computer di internet. Proses inipun melakukan sebuah transfer file dari sebuah komputer ke server atau (file server) biasa disebut dengan istilah unggah atau (upload). File yang telah berada di file server tersebut, dapat diambil oleh orang lain yang bertujuan untuk disimpan di komputernya. Proses untuk mengambil file tersebut dari file server biasa disebut dengan istilah unduh atau (download). 

  • Mailing List atau biasa disebut dengan istilah milis merupakan sebuah diskusi grup yang terdapat pada sebuah internet tersebut.

  • WWW atau World Wide Web. World wide web yaitu merupakan kumpulan sebuah dokumen multimedia yang dapat saling terkoneksi atau terhubung dengan menggunakan link hypertext. Hyperlink inipun merupakan salah satu link yang dapat digunakan untuk melakukan sebuah perpindahan antar sebuah dokumen. Web pun memudahkan anda untuk  mengakses berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk teks, gambar, video, suara, dan lain lain. 
  • Telnet. Atau (Telecommunication Network) merupakan sebuah protokol pada jaringan yang dapat digunakan di koneksi internet atau koneksi LAN (Local Area Network). Telnet ini biasa digunakan untuk melakukan sebuah koneksi ke salah satu server dan port tertentu. Telnet juga sering digunakan untuk saling berinteraksi secara langsung dengan sebuah server. Kitapun dapat mengetikkan sebuah perintah langsung dari sebuah komputer yang ditujukan ke server dan server itu akan secara langsung merespon perintah tersebut dengan mengirimkan sebuah output (keluaran) untuk ditujukan kepada komputer yang telah mengirimkan perintah tersebut.
  • E-mail. Atau biasa disebut Electronic-mail ini adalah sebuah surat atau pesan berbentuk elektronik yang telah dikirimkan dan maupun diterima melalui sebuah komputer. Dengan sebuah e-mail ini, pesan yang telah dikirimkan akan terkirim kepada penerima yang telah ditujukan saat itu juga. Dibandingkan dengan sebuuah pengiriman surat melalui sebuah jasa pengiriman, e-mail telah memaksimalkan waktu dan pesan yang disampaikan juga secara cepat. E-mail pun saat sekarang ini sudah mempunyai fitur yang bisa disertai dengan grafik, gambar, sebuah suara, ataupun animasi, dan bahkan dapat mengirim ke banyak alamat sekaligus dalam satu waktu.

Fungsi dari internet sendiri berikut penjelasannya :


Fungsi Internet :


Sebagai Jendelah Informasi 

Sebagai sumber informasi untuk seluruh orang di dunia. Kita juga bisa mendapatkan sebuah informasi apa saja menjadi kebutuhan kita melalui sebuah internet tersebut.

Sebagai salah satu media promosi,

fungsi internet sangat banyak memberikan berbagai kemudahan untuk para pengusaha dalam memperkenalkan sebuah produk usahanya.

Menjadi Salah Satu Sarana Hiburan

Dikala anda sedang kurang kerjaan atau lagi mempunyai banyak waktu dengan adanya internet maka sangat berguna untuk anda mencari hiburan, baik itu di media sosial maupun dengan membaca berita atau artikel informasi di internet tersebut

Komunikasi Semakin Mudah

Dengan adanya internet maka kita dapat saling berkomunikasi dan terhubung dari beberapa kerabat maupun teman di internet.

0 comments